Haniful. Diberdayakan oleh Blogger.

Optimis is Me

RSS

Accsess Point & Modenya


    Hai kawan, masih bingung dengan yang namanya Accsess Point???. Sama saya kemaren juga bingung, tapi karena Guru saya yang baik hati memberikan modulnya untuk saya, itu menolong bagi saya. Gak usah susah-susah nyari, nih saya share ringkasan modulnya. Semoga bermanfaat ya,,,

Pengertian Access Point
    Apa sih accsess point itu?.Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote.

Fungsi Access Point
1. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
4. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan  jaringan wireless/nirkabel

Sekarang kita beranjak pada Modenya, Mode dari Accsess Point (AP) ini terdiri dari ;


1. Mode : AP
Mode AP merupakan mode yang pasti digunakan pada mode jaringan wireless apapun. AP berperan sebagai central node dan penguat signal pada jaringan wireless.
2. Mode : AP Client
Mode AP Client merupakan mode AP yang dijadikan client dari AP utama. Jadi AP utama akan memiliki hubungan dengan AP client secara langsung, karena perannnya sebagai AP Client maka tidak ada host yang bisa melakukan koneksi langsung ke AP client sehingga hanya port-port LAN saja yang bisa bekerja. Model AP ini biasa diterapkan jika ingin menghubungkan AP untuk beberapa lantai, misalnya : Rumah Sakit, Kantor, dan lain sebagainya. Mode AP Client, digambarkan seperti berikut ini :


3. Mode : AP Client Bridge
Mode AP Client Bridge mirip sekali dengan mode AP Client. Perbedaannya jika pada AP client host tidak bisa koneksi secara wireless ke AP Client, sedangkan jika kita mendirikan sebagai AP Client Bridge maka host-host bisa koneksi langsung secara wireless ke AP Client Bridge. Mode AP Client Bridge, digambarkan seperti berikut ini :

4. Mode : AP Repeater
Mode AP Repeater berperan sebagai penguat signal wireless. Jika kita ingin mendirkan jaringan wireless yang letaknya terlalu jauh (diluar jangkauan power) maka kita harus mendirikan AP Repeater, dengan tujuan agar signal wireless tetap stabil sehingga troughput yang dihasilkan sesuai dengan harapan yaitu baik dan stabil juga. AP Repeater hanya berperan sebagai penguat sehingga tidak bisa dikoneksikan oleh host secara langsung. Mode AP Repeater, digambarkan seperti berikut ini :


5. Mode : AP Repeater Bridge
Mode AP Repeater Bridge berfungsi seperti AP Repeater yang berperan sebagai penguat signal wireless. Perbedaannya jika kita mendirikan mode AP Repeater Bridge maka host bisa langsung melakukan koneksi ke AP Repeater Bridge secara wireless. Mode AP Repeater Bridge, digambarkan seperti berikut ini :

6. Mode : AP WDS (Wireless Distribution System)
Mode AP WDS merupakan mode AP tersebar, Kedua Radio RF berperan AP WDS. Keuntungan menggunakan model ini adalah host bisa langsung koneksi secara wireless ke AP manapun pada area yang luas. Mode AP WDS, digambarkan seperti berikut ini :


    Nah, demikian tadi yang bisa saya bagikan untuk anda semua. Terimakasih telah berkunjung di blog saya & semoga bermanfaat. (Sumber :Modul prod ti 11 - @smk sakti gemolong @2014).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: